Friday, March 9, 2012

Pantai wisata GunungKidul


Ingin tau apa aja pantai-pantai indah yangt ada di GUNUNG KIDUL

Lansung aja ya ni pantai-pantainya




Jika anda berkunjung ke Yogyakarta, jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke obyek2 wisatanya, banyak sekali obyek wisata yang ditawarkan, salah satunya yaitu pantai, begitu banyak pantai yang ada di wilayah selatan Yogyakarta menghampar dari wilayahK ulonprogo sampai ke Gunungkidul, saat ini saya akan membicarakan pantai yang ada di Kab Gunungkidul, karena disini banyak terdapat pantai yang bisa dikatakan paling indah di pulau jawa ini, dan mungkin ini bsa menjadi tempat untuk berlibur bersama keluarga,teman-teman anda,dan pastinya lbih asik dengan pacar anda dan inilah pantai-pantainya

1.PANTAI BARON



 Pantai baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 20 km arah selatan kota Wonosari (40 km dari kota yogyakarta).Pantai yang menjadi saksi pertemuan antara air laut dan air tawar, yang merupakan hasil dari sungai yang bermuara di satu sudut pantai baron, sebagai perlambang berpadunya dua hati meski dengan perbedaan latar belakang.

para wisatawan akan di manjakan oleh desiran angin yang menghantar kan ombak bercumbu dengan hamparan pasir, begitu sabar menunggu datangnya sang kekasih. Hasil kekayaan Baron seperti udang besar (lobster), ikan bawal putih, kakap, tongkol pun siap memanjakan pengunjung, baik yang masih segar ataupun yang siap saji. Sebagai Rekomendasi, menu andalan adalah sop kakap.yang tentunya enakk untk dinik mati bersama keluarga


2.PANTAI KUKUP


Pantai Kukup merupakan pantai yang berpasir putih yang indah dan luas, terdapat aneka biota laut terutama ikan hias yang dijual oleh pedagang di pinggir Pantai Kukup atau dipelihara di gedung aquarium laut yang terletak pada satu kawasan di Pantai Kukup. Di sini juga terdapat sebuah pulau karang kecil yang diatasnya terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan laut.

Fasilitas yang ada diantaranya pendopo untuk pertemuan, pondok wisata, hotel melati, warung makan, dan kios untuk cenderamata, pedagang ikan hias, dan pedagang ikan siap saji. Masyarakat setempat juga melaksanakan upacara sedekah laut dalam waktu yang bersamaan dengan nelayan Pantai Baron.

Pantai Kukupberada Kurang Lebih sekitar 25 km ke arah selatan dari Kota Wonosari. Jika dari Yogyakartamenuju ke Pantai Kukupini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor.Baik Roda empat Maupun Roda Dua. untuk sampai ke Pantai Kukup juga ada angkutan Umum.
Jalanan menuju Pantai Kukupini berkelok-kelok dan naik-turun. Jadi harap berhati-hati jika menggunakan kendaraan menuju kesini.walaupun jalan berkelok-kelok.tapi jalan sudah bagus.







3.PANTAI DRINI


Pantai Drini terletak di desa Ngestirejo kecamatan Tanjungsari,Kabupaten Gunungkidul,Yogyakarta dan berjarak sekitar 37 KM dari kota Wonosari atau sekitar 4 KM ke arah timur dari pantai Kukup

Pantai Drini

Keistimewaan dari Pantai Drini ini terdapat pulau karang yang tumbuh pohon Drini dan konon kayunya dapat penangkal dari ular berbisa
Pantai Drini

Pemandangan Pantai Drini yang sangat indah,asri di atas karang ini dibangun mercusuar dimana jika kita memandang dari menara dapat melihat pemandangan dari atas
Pantai Drini

Di Pantai Drini kita bisa melihat jelas rumput-rumput laut di antara karang-karang laut dan biota laut lainnya tapi mungkin untuk saat ini akses jalan masuk kepantai drini masih belum sebagus pantai kukup.




4.PANTAI SUNDAK

 
Sundak, sebuah pantai di wilayah Kabupaten GunungKidul, tepatnya di desa sidoharjo kecamatan tepus. Berada di jajaran pantai selatan berderet dengan pantai Kukup, Krakal, Drini, Sepanjang dan Pantai Baron
Lembaran pasir putih yang terhampar di sepanjang bibir pantai, menunggu kecup mesra sang Ombak yang berlarian memendam rindu yang teramat dalam, memberikan kenyamanan mata yang memandang. Semilir angin membelai dedaunan melambai di ujung dahan-dahan yang tumbuh mengitari pantai menyejukkan hati para pencari kedamaian.

Hamparan bibir pantai bergincu karang-karang mungil tempat bermain biota laut nan menggemaskan. Karang yang berdiri kokoh seolah penjaga Pantai Sundak nan kokoh dan pemberani. Perbukitan kapur di latar belakang pantai yang menjulang menambah keelokan pertemuan laut dan daratan pesisir selatan pulau Jawa.

Sundak, perpaduan nama antara ASU dan LANDAK. Bermula dari pertarungan antara ASU (anjing) dan Landak. Pergelutan yang meninggalkan jejak bagi penduduk sekitar akan adanya sebuah gua dengan sumber air tawar di dalamnya.

Sundak, salah satu Pesona GunungKidul yang masih terkubur, terkabur akan berita yang simpang siur.
Sundak sebagai sebuah tonggak, bahwa GunungKidul bukanlah kekerontangan namun sebuah keindahan nan eksotis.

5.PANTAI NGOBARAN

ngobaran_3
Pantai NGobaran yang berlokasi di desa Kanigoro kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta merupakan pantai yang masih alami dan sangat indah.Dari Wonosari yang merupakan kabupaten Gunungkidul berjarak sekitar 35 km ke arah selatan.

ngobaran_12ngobaran_11
Bila dari arah Yogyakarta sekitar 65 km jaraknya untuk bisa sampai Ngobaran.Bila menelusuri jalan Yogyakarta-Wonosari maka bila sampai Lapangan terbang Gading belok ke kanan menuju kecamatan Playen,Paliyan .Dari kecamatan Paliyan terus keselatan menuju Trowono melewati PUSIKLAT TNI AD dan melewati hutan SODONG yang jalannya menanjak dan berkeloko-kelok.Di daerah Sodong masih bisa ditemui hewan kera yang bersembunyi di gua-gua di hutan Sodong.

Sebelum masuk TROWONO akan melewati telaga Namberan sebagai cadangan air masyarakat Trowono dan sekitarnya khususnya untuk minuman ternak , mandi dan cuci pakaian.Masuk Pasar Trowono langsung ke selatan melewati jalan beraspal yang agak sempit ,berkelok-kelok melewati kelurahan Kanigoro Saptosari.Di kanan kiri jalan ditemui pipa-pipa air minum yang dialirkan ke masyarakat dari sumber air di NGobaran.Sebelum masuk NGOBARAN dan Ngrenehan ada persimpangan jalan yang mana bila belok ke kiri menuju NGRENEHAN dan bila belok ke kanan menuju pantai NGOBARAN.Sesampai di NGobaran akan disuguhi pemandangan yang sangat indah,dari atas bukit kita bisa melihat laut yang sangat luas dengan ombak yang bergulug-gulung.Dipinggir pantai ada hamparan batu cadas yang sangat indah dimana sebagian masyarakat mencari rezeki dengan memunguti ruput laut untuk di jual sebagai tambahan penghasilan.Sebagian penduduk membuat warung makan dan jasa kamar kecil untuk mandi dan cuci.

Di warung makan milik penduduk kita bisa menikmati makan nasi dengan lauk ikan laut goreng dengan lalapan sambal trasi dan kobis maupun daun kemangi yang sangat nikmat dan lezat.

Demikian sekilas keindahan pantai NGOBARAN Kanigoro Saptosari Gunungkidul Yogyakarta semoga bisa menjadi acuan bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke NGOBARAN Gunungkidul Yogyakar



6.PANTAI INDRAYANTI

  
Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak kecamatan Tepus kabupaten Gunungkidul. Pantai berpasir putih yang menghampar dari Timur hingga Barat ini terbilang baru dan cukup indah. Selain indah, kawasan pantai ini cukup bersih, karena pengelola pantai ini mengenakan denda pada setiap pengunjungnya apabila ketahuan membuang sampah sembarangan.

Pengelola pantai menyediakan beberapa buah jetsky yang bisa disewa para pengunjung pantai untuk menikmati keindahan pantai dari sisi lain, selain kenikmatan berjetsky ria tentunya.  Selepas berjetsky, pengunjung bisa bermain di tepian pantai sembari bermain air laut dan menikmati deburan ombak yang menyapu bibir pantai atau bisa juga berjemur.

Di bagian Barat dari pintu masuk pantai, terdapat gunungan batu karang yang cukup besar dan  elok. Dibalik batu karang tersebut terdapat pantai berpasir putih yang cukup luas.



Lelah bermain air dan berjemur, pengunjung dapat beristirahat di gazebo yang ada di tepian pantai sembari menikmati hidangan makanan ditemani minuman dingin yang menyejukkan. Dan dapat menikmati indahnya sunset untuk  menutup sore di sana

Pengelola pantai juga menyediakan tempat penginapan untuk rombongan atau keluarga, sehingga para pengunjung bisa beristirahat di kawasan pantai tersebut sambil menikmati malam di pantai.




Itu hanya beberapa pantai yang berada di GUNUNGKIDUL masih banyak lagi sebenarnya pantai-patai di Gunungkidul..
 
SO TUNGGU APALAGI DATANGI DAN NIKMATILAH  BEBERAPA TEMPAT  WISATA PANTAI DI GUNUNG KIDUL

ENJOY YOUR HOLIDAY IN GUNUNGKIDUL


refrensi:  www.wisatagunungkidul.com/,www.wisatanesia.com/2010/05/

No comments:

Post a Comment